About MIS

Saat ini saya, Waskitha, sedang menjalankan mata kuliah mengenai Manajemen Sistem Informasi. Informasi lengkap kelasnya sebagai berikut:

Nama Mata Kuliah : Sistem Informasi – 02

Kode Kelas : ENIE605028

Semester : 6

SKS : 3

Dosen pengampu : Prof. Dr. Ir. M. Dachyar, M.Sc.

Buku Referensi     : Tenth Edition of the Management Information System-Prentice Hall oleh Raymond Mcleod and Jr. George P. Schell

Silabus


  • Introduction to Management Information System

  • MIS/IT as a Competitive Advantage

  • IT and Electronic Commerce

  • Database and Management Database

  • Marketing,Manufacturing Information System

  • Financial, Human Resource Information System

  • System Analysis and Design

  • MIS and Its Relationship with RQM and QS

  • CBIS

  • Accounting Information System

  • Decision Support System

  • Executive Information System



  

Dosen pengampu kami juga memiliki blog yang dapat dikunjungi, dapat diakses pada: 

Prof. Dr. Ir. M. Dachyar, M.Sc. Blog

TENTANG MIS

MIS atau Management Information System (dalam bahasa Indonesia Manajemen Sistem Informasi) adalah seperangkat prosedur gabungan yang mengumpulkan dan menghasilkan data yang andal, relevan, dan terorganisir dengan baik yang mendukung proses pengambilan keputusan suatu organisasi. Singkatnya, ini adalah sekelompok proses di mana data diperoleh, dianalisis, dan ditampilkan dengan cara yang berguna untuk tujuan pengambilan keputusan.

Menurut Maeve Cummings, Sistem informasi manajemen adalah studi tentang komputer dan komputasi dalam lingkungan bisnis. Ilmu komputer berfokus pada mesin sementara sistem informasi, atau sistem informasi manajemen, berfokus pada bagaimana TI dapat mendukung strategi dan operasi organisasi,



Fungsi MIS

  • Membantu dalam pengambilan keputusan

  • Membantu Koordinasi di antara Departemen

  • Membantu Menemukan Masalah

  • Membantu dalam Membandingkan Kinerja Bisnis

Kategori Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen adalah istilah luas yang menggabungkan banyak sistem khusus. Kategori utama dalam sistem ini  meliputi:

  1. Executive Information System (EIS): Manajemen senior menggunakan EIS untuk membuat keputusan yang memengaruhi seluruh organisasi. Eksekutif membutuhkan data dengan tingkat akurasi yang tinggi dan kemampuan untuk menelusuri data tersebut.

  2. Marketing Information System (MkIS): Tim pemasaran menggunakan MkIS untuk melaporkan efektivitas histori proses pemasaran dan saat ini. Juga menggunakannya sebagai data yang dianalisa untuk merencanakan proses pemasaran di masa depan.

  3. Business Intelligence System (BIS): Operasi yang menggunakan BIS biasanya untuk membuat keputusan bisnis berdasarkan pengumpulan, integrasi, dan analisis data dan informasi yang dikumpulkan. Sistem ini mirip dengan EIS, tetapi manajer dan eksekutif tingkat bawah menggunakannya.

  4. Customer Relationship Management System (CRM): Sistem CRM menyimpan informasi penting tentang pelanggan, termasuk penjualan sebelumnya, informasi kontak, dan peluang penjualan. Tim pemasaran, layanan pelanggan, penjualan, dan pengembangan bisnis sering menggunakan CRM.

  5. Sales Force Automation System (SFA): Komponen khusus sistem SFA yang mengotomatiskan banyak tugas yang dilakukan oleh tim penjualan. Ini dapat mencakup manajemen kontak, pelacakan dan pembuatan kontak, dan manajemen pesanan.

  6. Transaction Processing System (TPS): Pada tingkat dasar, TPS dapat berupa sistem point of sale (POS) seperti Mokapos, atau sistem yang memungkinkan wisatawan untuk mencari hotel dan termasuk opsi kamar lalu seperti kisaran harga, jenis dan jumlah tempat tidur. Karyawan dapat menggunakan data yang dibuat untuk melaporkan tren penggunaan dan melacak penjualan dari waktu ke waktu.

  7. Knowledge Management System (KMS): Layanan pelanggan dapat menggunakan sistem KMS untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah.

  8. Financial Accounting System (FAS): Sistem ini khusus untuk departemen yang berhubungan dengan keuangan dan akuntansi, seperti  untuk menghitung hutang dagang (AP) dan piutang dagang (AR). Contoh software akuntansi terbaik yang bisa Anda pakai adalah seperti Accurate Online. 

  9. Human Resource Management System (HRMS): Sistem ini melacak catatan kinerja karyawan dan data penggajian.

  10. Supply Chain Management System (SCM): Perusahaan manufaktur menggunakan SCM untuk melacak aliran sumber daya, bahan, dan layanan dari pembelian hingga produk akhir dikirim.



Komentar